Artikel Praktis " Krisis Dalam Suatu Perusahaan"
Assalamualaikum Wr. Wb. Halo teman- teman kali ini saya akan membahas artikel praktis nih temanya "KRISIS DALAM SUATU PERUSAHAAN". Untuk mengetahui apa itu krisis mari simak di bawah ini.
Dalam sebuah perusahaan pasti tidak terlepas yang namanya krisis. Dan pastinya itu sering terjadi, lalu apa yang dapat kita lakulan sebagai manajemen krisis. Nah pasti baanyak cara yang bisa di lakukan agar perusahaan tersebut bisa mengatasi atas krisis dengan baiak dan benar yang di alami dalam sebuah perusahaan.
● definisi Krisis
Kata krisis berasal dari bahasa yunani Krisis, yang berarti “keputusan”. Ketika krisis terjadi, perusahaan harus memutuskan apa yang harus dilakukan. Dalam bahasa cina, Krisis diucapkan dengan wei-iji dan mempunyai dua arti, yaitu “bahaya” dan “peluang”. Two side in thesame coin. Krisis Public Relations adalah peristiwa, rumor, atau informasi yang membawa pengaruh buruk terhadap reputasi, citra, dan kredibilitas perusahaan. Krisis juga dianggap sebagai “turning point in history life”
● Krisis Type
Krisis dapat di kelompokkan dalam beberapa jenis di antaranya :
1. Krisis teknologi, krisis ini di sebebkan oleh kesalaahan pengguna teknologi tertentu dalam operasional teknologi
2. Krisisi manajemen, di sebabkan karena kelompok manajemen gagal melakukan tanggung jawabnya
3. Krisis bencana alam, di sebabkan oleh bencana alam yang mempengaruji jalannya organisasi.
4. Krisis produk, di sebabkan oleh kesalahan produk
● Krisis Souces
Krisis tidak bisa diperediksi kapan datangnya, jalan terbaik untuk menghadapinya adalah membuat suatu perencanaan. Menurut G. Harissan Krisis secara umum dapat disebabkan oleh dua sumber, yaitu : dari dalam dan dari luar organisasi.
● Krisis Stages
Tahapa-tahapan dalam Crisis diantaranya adalah:
1. Prodromal Crisis Stages
Tahap ini disebut juga dengan tahan warning stages, karena pada tahap krisis ini telah muncul gejala-gejala yang harus segera diatasi. Tahap ini merupakan tahap yang menentukan. Apabila perusahaan mampu mengatasi gejala-gejala yang timbul, maka krisis tidak akan melebar dan memasuki fase-fase berikutnya
2. Acute krisis stages
Tahap ini muncul karena tidak berhasil mendeteksi atau menangani gejala-gejala krisis yang terjadi pada tahap prodromal. Disini gejala yang samar-samar atau gejala yang tidak jelas itu mulai kelihatan jelas. Gejala yang semula tau bahkan tidak terlihat sama sekali mulai tampak jelas. Krisis acut sering disebut sebagai the point of return.
3. Chronic Krisis Stages
Tahap kronik biasanya disebut juga sebagai teh clean up phase atau the post mortem atau tahap recovery atau self analysis. Pada tahap ini perusahaan mempelajari penyeb dan memperbaikinya agar tidak terjadi lagi.
4. Resolution Stages
Tahap ini merupakan tahap pemulihan kembali kondisi perusahaan. Namun karena tahap-tahap krisis merupakan siklus yang berputar, maka bila telah memasuki tahap resolusi perusahaan tetap harus waspada bila proses penyembuhan tidak benar-benar tuttas krisis akan kembali ke tahap prodromal.
● penutup
Jadi pembahasan di atas dapat di simpulkan bahwa krisis dapat membuat suat perusahaa menjadi menurun reputasi, citra dari suatu perusahaan tersebut, karna itu lah kita harus segera menangani krisis apa bila krisis datang melanda. krisis tidak tahu kapan datang nya dan sebelum datangnya krisis kita sudah membuat perencaan untuk mengani krisis yang datang.
Penulis : Sarina Wati
Komentar
Posting Komentar