ARTIKEL RISIKO BISNIS DAN REPUTASI PERUSAHAAN

Risiko  Bisnis Dan Reputasi Perusahaan
●Pendahuluan
Dalam segala kegiatan bisnis tidak mungkin  merasakan yang namanya risiko dalam berbisnis. Risiko merupakan  hal yang  tidak dapat di hindari. Untuk itu, penting untuk memahami apa itu resiko atau dan jenis- jenis risiko dalam bisnis. Dengan mengetahui  konsep risiko dalam berbisnis, maka di harapkan anda dapat lebih siap ketika melangkah menjalankan bisnis. Motivasi serta manajemen  pengambilan risikopun dapat dipersiapkan dengan lebih baik.

● pengertian  Risiko

Definisi risiko yang dikenal dalam dunia bisnis pada dasarnya ada beberapa. Namun, secara umum dapat ditarik garis besar bahwa konsep risiko selalu dikaitkan dengan adanya ketidakpastian pada masa yang akan datang. Definisi risiko secara lebih spesifik, dapat diartikan sebagai adanya konsekuensi yang muncul sebagai dampak adanya ketidakpastian sehingga memunculkan dampak yang merugikan bagi pelaku usaha.
Sebaliknya, bila konsekuensi yang memunculkan dampak ini dianggap menguntungkan, maka hal tersebut tidak disebut sebagai risiko. Konsekuensi positif ini lebih dianggap sebagai keuntungan yang diharapkan.
Risiko seperti ini pada dasarnya memang selalu ada dalam kehidupan sehari-hari. Hanya saja, intensitasnya akan meningkat ketika Anda melakukan kegiatan bisnis. Apalagi, ketika menginginkan keuntungan atau hasil yang besar, maka risiko yang harus dihadapi juga akan semakin besar. Kondisi seperti ini dikenal sebagai high risk high return.

●Jenis-Jenis Risiko Bisnis

a. Risiko Strategik
Dilihat dari namanya, sudah jelas bahwa risiko ini sangat erat kaitannya dengan strategi. Dengan kata lain risiko ini dapat disimpulkan sebagai risiko atau ketidakpastian yang diakibatkan dari kurang matangnya strategi Anda dalam menjalankan bisnis. Anda banyak melihat bisnis yang kini berkibar sukses di penjuru dunia, namun seringkali Anda tidak tahu betapa beratnya masa-masa yang mereka hadapi ketika membangun sebuah bisnis. Contohnya bisnis Aqua yang dahulu sempat tidak diterima pasar karena bisnisnya hanya menjual air putih yang ditempatkan dalam kemasan. Namun sekarang siapa yang tak kenal perusahaan tersebut?
Strategi sangat dibutuhkan dan dipersiapkan matang. Anda juga harus mengetahui strategi jika ada pesaing yang mengancam bisnis Anda. Contohnya perusahaan ponsel A yang sempat terkenal di segala penjuru. Namun setelah kedatangan sistem operasi tersebut, perusahaan ponsel A tidak menggunakan sistem operasi terbaru. Maka terjadi kerugian yang besar  karena pada masa tersebut sistem operasi terbaru sedang menjadi kebutuhan pasar.

b. Risiko Kepatuhan
Risiko kepatuhan berarti risiko atau ketidakpastian yang disebabkan karena ketidakpatuhan terhadap peraturan, regulasi atau hukum yang ditetapkan pemerintah setempat secara tertulis maupun tidak tertulis. Risiko kepatuhan dalam berbisnis contohnya di suatu daerah melarang kegiatan bisnis yang bertema dengan permainan anak  seperti playstation karena dapat menyebabkan anak malas belajar.
Maka jika Anda memiliki bisnis rental playstation sebaiknya dimusyawarahkan dengan pemerintah setempat terlebih dahulu, dapat saja mereka meminta beberapa syarat agar Anda tetap menjalankan bisnis. Jika tidak pun, Anda akan melakukan revolusi dalam bisnis Anda. Jika Anda tidak mematuhi peraturan daerah setempat,  bisnis Anda akan merugi karena dapat saja terkena denda pemerintah setempat.

c. Risiko Operasional
Risiko operasional lebih mengarah pada sebuah kegagalan yang sangat tidak diharapkan dan biasanya terjadi dalam kegiatan sehari-hari dalam perusahaan. Hal itu dapat terjadi karena beberapa kegagalan teknis, seperti server yang sudah error,  perseorangan (karyawan) maupun proses pada kegiatan operasional perusahaan Anda.
Dalam beberapa kasus, risiko operasional biasanya memiliki lebih dari satu penyebab. Sebagai contoh, salah satu karyawan Anda yang menulis jumlah salah dalam sebuah cek atau pembukuan keuangan perusahaan. Angka yang ditulis seharusnya Rp10.000.000 (sepuluh juta rupiah). Akan tetapi, tertulis sebesar Rp100.000.000 (seratus juta rupiah).  Maka hal itu akan dapat menyebabkan kerugian, terlebih jika hal tersebut sering terjadi.
Dalam beberapa kasus lainnya, risiko operasional juga dapat muncul dari kejadian yang terjadi di luar kendali seperti bencana alam, kebakaran perusahaan, pemutusan daya atau masalah dengan website hosting. Apapun yang dapat mengganggu operasi utama perusahaan maka hal itu dikategorikan dalam risiko operasional.
Kejadian tersebut terlihat lebih kecil jika dibandingkan risiko strategik yang dapat membawa dampak kerugian lebih besar yaitu kebangkrutan. Namun, risiko operasional juga tetap dapat memiliki dampak yang besar bagi perusahaan. Bukan hanya  menimbulkan biaya tambahan untuk perbaikan masalah. Namun, isu kegagalan operasional juga dapat memengaruhi nilai pelanggan seperti pesanan pelanggan tidak terkirim.

●Reputasi Perusahaan
Merupakan suatu hal yang perlu di perhatikan perusahaan bereputasi baik, artinya perusahaan memiliki sumber daya langka dan berharga, serta merupakan sumber keunggulan daya saing untuk mendapatkan above average return (Barney, 1991) Ruang lingkup  reputasi  perusahaan sangat luas dan secara potensial dapat menjadi keunggulan  bersaing. Reputasi perusahaan di peroleh dengan mengintegrasikaan beberpa pertimbangan antara keuangan, manajemen, periklanan, dan hubungan masyarakat ( Public Relation ) ( Medan et al. 2012 )
  Para pesaing tidak bisa membuat replikasi faktor- faktor yang unik dan proses  kompleks untuk menghasilkan reputasi, sehingga reputasi di katakan mempunyai nilai ekonomi bagi perusahaan. Mempertahankan keunggulan  relatif perusahaan stuebs dan  sun ( 2014 )
   Reputasi perusahaan juga di tentukan dari perhatian pelaku bisnis  terhadap pelaporan ekonomi,sosial, dan lingkungan  (misani, 2017) . Hal ini berarti  apabila perusahaan  tidak memperhatikan  isu tentang kerusakan lingkungan dan sosial, akan mengakibatkan  reputasi  perusahaan menurun, sehingga para investor enggan berinvestasi  pada perusahaan.

Sumber :https://ojs.unud.ac.id/index.php/jiab/article/download/40589/25421/
:https://www.jurnal.id/id/blog/jenis-risiko-bisnis-dan-solusinya/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menyambut Bulan Suci Ramadhan 2020 di Tengah Situasi Virus Corona

Menangani krisis isu susu dancow mengandung lemak babi