Menangani krisis isu susu dancow mengandung lemak babi

NAMA         : SARINA WATI
KELAS         :  KPI 4/C
NIM              : 11831075
MANAJEMEN ISU
MENANGANI KRISIS ISU  SUSU  MENGANDUNG LEMAK BABI
Kegiatan  menangani isu krisis  dan menjaga  citra perusahaan di mata  masyarakat dan public  merupakan salah  tugas dari humas, oleh karena itu  humas di wajibkan antusiasi dalam  menanggapi  berbagai isu yang datang. Humas juga selalu diminta  cekatan dalam menangani isu yang ada dala perusahaan tersebut.
Krisis merupakan hal atau masalah yang sangat serius  krna dapat menurukan citra perusahaan, karna itulah harus di tangani dengan segera mungkin. Tapi apabila  krisis  akan menjadi hal yang  baik apabila di tangani dengan baik seperti  perusahaan  makanan  yang berbentuk nestle.
Seperti yang terjadi pada perusahaan  nestle  sus bubuk  dancow  dari nestle yang mengandung lemak babi. Hal ini sangat  menghebohkan  warga Indonesia  yang mayoritas penduduknya  adalah umat beragam islam. Yang bagi umat islam  babi adalah binatang yang di larang untuk di konsumsi  karena berkaitan dengan  prihal keamanan dan tidak dapat di ganggu gugat.
Rumor ini bermula  dari  pada penelitian yang di lakukan oleh   seorang peneliti universitas  Brawijaya, Malang. Peneliti menemukan  bahwa produk  yang beredar di masyarakat  mengandung  zat  gelatin, yang menurt sang  peneliti  bahwa zat tersebut  di buat dengan menggunakan  lemak babi  di negara- negara maju. hasil penelitian tersebut  dengan cepat meyebar, menimbulkan rumor  yang semakin besar , serta membuat masayarkat panic. Salah  satu  produk yang terkena rumor ini adalah  pabrik susu nestle. Karena rumor tersebut , penjualan  susu nestle  langsung turun drastis  dan  beberapa  pemasok  sumber pemasokan susu ikut kena  terkena dampaknya.
Namun  pihak humas dapat menangani dengan baik  mengenai isu tersebut,  pihak humas  menggunakan strategi  komunikasi yang tepat dengan kerja sama tim  yang handal  sehingga krisis ini  cepat di tangani.
 Yaitu,  salah satunya Pihak humas dari pabrik  Dancow mengundang  media massa  untuk berkunjung langsung ke pabrik tersebut, agar mereka dapat melihat langsung cara produksinya susu dancow tersebut. Dalam kesempatan yang sama, mereka juga menjelaskan  mengenai bahan  yang di duga  tidak halal  sehingga mampu  meredam  kecurigaan  konsumen  secara bertahap.
Jadi dapat di simpulkan  bahwa krisis  merupakan hal  yang sangat serius dan  harus segera di respon dan di tangani dengan baik  dan cepat. Krisis dapat datang tiba- tiba  tanpa dii sadari, jadi pihak humas harus siap siaga dalam  keadaan apapun. Dan sangat di wajibkan  jika suatu  humas dapat  memajemen krisis isu dengan baik. Agar ketika krisis dapat di tangani dengan sebaik mungkin.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menyambut Bulan Suci Ramadhan 2020 di Tengah Situasi Virus Corona