NAMA    : SARINA WATI
NIM        : 11831075
MANAJEMEN ISU
MANAJEMEN ISU DAN PIHAK HUMAS MENANGANI” KASUS KARYAWAN INDOMARET  DI PAKSA  BELI DONAT SISA”
  Manajemen isu adalah upaya  organisasi  atau perusahaan  untuk melihat  kecenderungan  isu  atau opini  public itu tidak  berkembang  secara negative  sehingga merugikan  perusahaan  atau instasnsi, agar isu tidak berkembang  dan menjadi konflik yang tidak  di inginkan, upaya organisasi  atau perusahaan untuk melihat  kecenderungan  isu atau opini  public  yang muncul  di lakukan melalui  riset  atau penelitian. Dengan demikian  manajemen isu  adalah segala sesuatu yang berkenaan dengan riset kehumasan.
 Dan Fungsi dari manajemen isu sendiri ialah untuk  selalu siap siaga dalam penanganan  isu baik dari  internal maupun eksternal, seorang manajemen harus mampu menyelesaikan  isu tersebut dengan baik, dan mengembalikan citra perusahaan yang sudah turun karna isu tersebut, karena itulah seorang manajemen  harus melakukan riset atau  peniliitan  terhadap isu yang  beredar.
Penerapan dari manajemen isu itu tergantung dari isu yang di tangani seperti halnya  yang terjadi di  “Kasus Karyawan  Di Paksa Beli Donat, Ini Penjelasan Indomaret”
Kasus hebohnya  indomaret  yang  berasal dari cuitan pengguna twitter yang menceritakan karyawan di wajibkan membeli donat sisa yang tak laku di jual. Unggahan ini  menarik simpati  netizen yang kemudian  membuat gegar media sosial.
Beredarnya isu tersebut  karyawan minimarket  yang di paksa membeli donat  sisa. Pihak  indomaret  pun angkat bicara  dan memberikan penjelasan  atas kasus yang  ramai di media sosial
   Beredarnya isu miring seputar  karyawan  minimarket  ternama yang harus membeli sisa donat, membuat pihak   manajemen  indomaret  angkat bicara. Isu ini  secara resmi  di tampik  pihak indomaret  yang menjelaskan  kalau kabar ini tidak benar adanya.
   Rabu (27/11) wiwiek  yusuf selaku marketing  di rektur  indomaret  menjelaskan  kepada detik food prihal kabar ini. Menurut  wiwiek  pihak manajemen  indomaret memang  memasok  donat  tetapi sama sekali tidak  pernah mengeluarkan  aturan untuk memaksa karyawan  menjual habis  produk  donat yang di pasok setiap hari.
   “Betul kita menjual  donat tersebut  tapi tidak  ada kewajiban  untuk memaksa  karyawan  menjual  habis donat  tersebut, apalagi mewajibkan  karyawan  untuk membeli sisa donat yang tidak laku,”
Kata wiwiek lewat sambungan telephone ,seblum isu ini merebak, wiwiek  mengatakan pernah  ada karyawan  yang mengeluhkan  hal serupa. Namun  semua sudah  diselesaikan  secara internal. jika  belakangan ini  masih ada  kasus serupa, wiwiek menegaskan  kalau ini di lakukan oleh oknum  yang tidak bertanggung jawab
  Sebelumnya sudah ada  masukan internal  sebelum kasus ini. Kita sudah tegur dan  surati oknom  terkait  tapi ternyata perakterk ini masih ada. Manajemen indomaret kemudian  mengeluarkan  pernyataan klarifikasi  terkait  hal ini, lewat pesan singkat, ada tiga poin  utama  yang di sampaikan
Perusahaan tidak  pernah mengeluarkan  kebijakan  untuk mewajibkan  penjualan  produk tertentu  kepada karyawan dalam  hal ini karyawan took
Penyimpangan terjadi  karena adanya supervisot  yang berusaha  agar tokonya  dapat menjual  produk lebih banyak
Berdasarkan  masukan- masukan  yang kami terima  baik internal  maupun eksternal  melalui media  online. Kami telah  mengeluarkan  surat  peringatan  sesuai  peraturan  perusahaan
 pada karyawan yang melakukan penyimpangan  di luar kebijakan  perusahaan

setelah kasus ini , pihak manajemen  indomaret  juga berjanji  akan membenahi  sistem  internal, agar lebih baik lagi

  •   Jadi dapat di simpulkan bahwa isu  tersebut membuat menurunnya citra indomaret sebagai seorang  manajemen isu dan pihak humas harus melakukan riset dan  penlitian, jika isu tersebut berasal dari dalam ( internal) maka tugas seorang mananajemen harus memberikan kebijakan di antaranya memberikan sangsi dan surat peringatan bagi karyawan yang terkai, agar karyawan tersebut tidak melakukan hal yang serupa di kemudian hari. Kemudan tugas humas mengundang wartawan  untuk datang ke lokasi langsung  dari situlah humas mempunyai kesempatan memberikan penjelasan kepada wartawan bahwa isu yang berdar tidak  benar adanya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menyambut Bulan Suci Ramadhan 2020 di Tengah Situasi Virus Corona

Menangani krisis isu susu dancow mengandung lemak babi