NAMA : SARINA WATI
NIM : 11831075
MANAJEMEN ISU
MANAJEMEN ISU DAN PIHAK HUMAS MENANGANI” KASUS KARYAWAN INDOMARET DI PAKSA BELI DONAT SISA”
Manajemen isu adalah upaya organisasi atau perusahaan untuk melihat kecenderungan isu atau opini public itu tidak berkembang secara negative sehingga merugikan perusahaan atau instasnsi, agar isu tidak berkembang dan menjadi konflik yang tidak di inginkan, upaya organisasi atau perusahaan untuk melihat kecenderungan isu atau opini public yang muncul di lakukan melalui riset atau penelitian. Dengan demikian manajemen isu adalah segala sesuatu yang berkenaan dengan riset kehumasan.
Dan Fungsi dari manajemen isu sendiri ialah untuk selalu siap siaga dalam penanganan isu baik dari internal maupun eksternal, seorang manajemen harus mampu menyelesaikan isu tersebut dengan baik, dan mengembalikan citra perusahaan yang sudah turun karna isu tersebut, karena itulah seorang manajemen harus melakukan riset atau peniliitan terhadap isu yang beredar.
Penerapan dari manajemen isu itu tergantung dari isu yang di tangani seperti halnya yang terjadi di “Kasus Karyawan Di Paksa Beli Donat, Ini Penjelasan Indomaret”
Kasus hebohnya indomaret yang berasal dari cuitan pengguna twitter yang menceritakan karyawan di wajibkan membeli donat sisa yang tak laku di jual. Unggahan ini menarik simpati netizen yang kemudian membuat gegar media sosial.
Beredarnya isu tersebut karyawan minimarket yang di paksa membeli donat sisa. Pihak indomaret pun angkat bicara dan memberikan penjelasan atas kasus yang ramai di media sosial
Beredarnya isu miring seputar karyawan minimarket ternama yang harus membeli sisa donat, membuat pihak manajemen indomaret angkat bicara. Isu ini secara resmi di tampik pihak indomaret yang menjelaskan kalau kabar ini tidak benar adanya.
Rabu (27/11) wiwiek yusuf selaku marketing di rektur indomaret menjelaskan kepada detik food prihal kabar ini. Menurut wiwiek pihak manajemen indomaret memang memasok donat tetapi sama sekali tidak pernah mengeluarkan aturan untuk memaksa karyawan menjual habis produk donat yang di pasok setiap hari.
“Betul kita menjual donat tersebut tapi tidak ada kewajiban untuk memaksa karyawan menjual habis donat tersebut, apalagi mewajibkan karyawan untuk membeli sisa donat yang tidak laku,”
Kata wiwiek lewat sambungan telephone ,seblum isu ini merebak, wiwiek mengatakan pernah ada karyawan yang mengeluhkan hal serupa. Namun semua sudah diselesaikan secara internal. jika belakangan ini masih ada kasus serupa, wiwiek menegaskan kalau ini di lakukan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab
Sebelumnya sudah ada masukan internal sebelum kasus ini. Kita sudah tegur dan surati oknom terkait tapi ternyata perakterk ini masih ada. Manajemen indomaret kemudian mengeluarkan pernyataan klarifikasi terkait hal ini, lewat pesan singkat, ada tiga poin utama yang di sampaikan
Perusahaan tidak pernah mengeluarkan kebijakan untuk mewajibkan penjualan produk tertentu kepada karyawan dalam hal ini karyawan took
Penyimpangan terjadi karena adanya supervisot yang berusaha agar tokonya dapat menjual produk lebih banyak
Berdasarkan masukan- masukan yang kami terima baik internal maupun eksternal melalui media online. Kami telah mengeluarkan surat peringatan sesuai peraturan perusahaan
pada karyawan yang melakukan penyimpangan di luar kebijakan perusahaan
setelah kasus ini , pihak manajemen indomaret juga berjanji akan membenahi sistem internal, agar lebih baik lagi
NIM : 11831075
MANAJEMEN ISU
MANAJEMEN ISU DAN PIHAK HUMAS MENANGANI” KASUS KARYAWAN INDOMARET DI PAKSA BELI DONAT SISA”
Manajemen isu adalah upaya organisasi atau perusahaan untuk melihat kecenderungan isu atau opini public itu tidak berkembang secara negative sehingga merugikan perusahaan atau instasnsi, agar isu tidak berkembang dan menjadi konflik yang tidak di inginkan, upaya organisasi atau perusahaan untuk melihat kecenderungan isu atau opini public yang muncul di lakukan melalui riset atau penelitian. Dengan demikian manajemen isu adalah segala sesuatu yang berkenaan dengan riset kehumasan.
Dan Fungsi dari manajemen isu sendiri ialah untuk selalu siap siaga dalam penanganan isu baik dari internal maupun eksternal, seorang manajemen harus mampu menyelesaikan isu tersebut dengan baik, dan mengembalikan citra perusahaan yang sudah turun karna isu tersebut, karena itulah seorang manajemen harus melakukan riset atau peniliitan terhadap isu yang beredar.
Penerapan dari manajemen isu itu tergantung dari isu yang di tangani seperti halnya yang terjadi di “Kasus Karyawan Di Paksa Beli Donat, Ini Penjelasan Indomaret”
Kasus hebohnya indomaret yang berasal dari cuitan pengguna twitter yang menceritakan karyawan di wajibkan membeli donat sisa yang tak laku di jual. Unggahan ini menarik simpati netizen yang kemudian membuat gegar media sosial.
Beredarnya isu tersebut karyawan minimarket yang di paksa membeli donat sisa. Pihak indomaret pun angkat bicara dan memberikan penjelasan atas kasus yang ramai di media sosial
Beredarnya isu miring seputar karyawan minimarket ternama yang harus membeli sisa donat, membuat pihak manajemen indomaret angkat bicara. Isu ini secara resmi di tampik pihak indomaret yang menjelaskan kalau kabar ini tidak benar adanya.
Rabu (27/11) wiwiek yusuf selaku marketing di rektur indomaret menjelaskan kepada detik food prihal kabar ini. Menurut wiwiek pihak manajemen indomaret memang memasok donat tetapi sama sekali tidak pernah mengeluarkan aturan untuk memaksa karyawan menjual habis produk donat yang di pasok setiap hari.
“Betul kita menjual donat tersebut tapi tidak ada kewajiban untuk memaksa karyawan menjual habis donat tersebut, apalagi mewajibkan karyawan untuk membeli sisa donat yang tidak laku,”
Kata wiwiek lewat sambungan telephone ,seblum isu ini merebak, wiwiek mengatakan pernah ada karyawan yang mengeluhkan hal serupa. Namun semua sudah diselesaikan secara internal. jika belakangan ini masih ada kasus serupa, wiwiek menegaskan kalau ini di lakukan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab
Sebelumnya sudah ada masukan internal sebelum kasus ini. Kita sudah tegur dan surati oknom terkait tapi ternyata perakterk ini masih ada. Manajemen indomaret kemudian mengeluarkan pernyataan klarifikasi terkait hal ini, lewat pesan singkat, ada tiga poin utama yang di sampaikan
Perusahaan tidak pernah mengeluarkan kebijakan untuk mewajibkan penjualan produk tertentu kepada karyawan dalam hal ini karyawan took
Penyimpangan terjadi karena adanya supervisot yang berusaha agar tokonya dapat menjual produk lebih banyak
Berdasarkan masukan- masukan yang kami terima baik internal maupun eksternal melalui media online. Kami telah mengeluarkan surat peringatan sesuai peraturan perusahaan
pada karyawan yang melakukan penyimpangan di luar kebijakan perusahaan
setelah kasus ini , pihak manajemen indomaret juga berjanji akan membenahi sistem internal, agar lebih baik lagi
- Jadi dapat di simpulkan bahwa isu tersebut membuat menurunnya citra indomaret sebagai seorang manajemen isu dan pihak humas harus melakukan riset dan penlitian, jika isu tersebut berasal dari dalam ( internal) maka tugas seorang mananajemen harus memberikan kebijakan di antaranya memberikan sangsi dan surat peringatan bagi karyawan yang terkai, agar karyawan tersebut tidak melakukan hal yang serupa di kemudian hari. Kemudan tugas humas mengundang wartawan untuk datang ke lokasi langsung dari situlah humas mempunyai kesempatan memberikan penjelasan kepada wartawan bahwa isu yang berdar tidak benar adanya.
Komentar
Posting Komentar