Karakteristik  Excellen Communication”

Dalam  membangun komunikasi yang baik tentunya pasti  kita perlu yang  namanya  pemahaman tentang karakter komunikan,komunikasi   yang baik  dan layaknya dapat di pahami dan di mengerti oleh komunikan atau lawan bicara agar komunikasi tersebut berjalan dengan baik dan efektif. Berikut cara- cara berkomikasi  dengan baik dan efektif
Berbicara efektif
Berbicara efektif artinya tidak  bertele- tele dan tidak berputa- putar untuk menyampaikan  suatu poin pembicaraan,  cepat, tepat,  dan dapat di mengerti oleh komunikan atau lawan bicara. Berbicara efektif  membua lawan  kita focus pada  setiap hal  yang kita sampaikan  dan dapat mempengaruhi  langsung ke dalam pikirannya.
Berbicara penuh motivasi
Komunikasi  yang terjalin  dan sampai  kepada lawan bicara  haruslah  yang b ersifat  mendorong. Hal ini  lebih ketika yang berbicara adalah orang yang memiliki  jabatan  lebih tinggi daripada  lawan bicaranya.
Berbicara  untuk mendapatkan perhatian
Pembicarann yang membosankan  dan bertele- tele akan membuat lawan bicara   mengabaikan  kata- kata kita.
Membangun komunikasi  dan hubungan   yang baik dengan rekan kerja/ kolega
Cara berkomunikasi yang baik  dapat membangun hubungan  yang baik dengan kolega  atau rekan kerja. Dan merupakan suatu hal  yanng sangat penting. Mengapa ? karena  hubungan  baik yang dimiliki  berpengaruh  pada kinierja kita sendiri, karena selama bekerja  tentu kita  akan selalu  bertemu dan berhubungan secara langsung  dengan kolega kerja kita. Sayangnya masih  banyak karyawan  yang menyepelekan hal ini sehingga  terjadi salah  komunikasi  yang pada kahirnya  berdampak buruk pada produktivitas kerja.
Memberikan feedback  yang baik
Hal penting paling utama dalam kehidupan  bekerja  adalah mengharagi  lawan bicara. Etika yanbg baik saat  bicara  adalah mendegarkan  apa yang di katakana  oleh lawan bicara, dan setelah itu , kita juga wajib memberikan respon  atau tanggapan kita  terhadapa apa yang di sampaikan oleh lawan bicara.
Menerima masukan  dengan baik
Dalam  sebuah perusahaan, tentu kita akan bertemu denga orang-orang dari berbagai  latar belakang  yang berbeda. Maka, kita harus memahami karakter  orang lain  dan juga harus  bersifat terbuka  terhadap kritik  atau masukan  yang kita terima  dari kolega kerja.
Jujur dan terbuka
Sifat jujur dan terbuka  penting untuk  kita miliki dalam dunia kerja. Kejujuran  dan keterbukaan  dapat melancarkan  koordinasi  dengan kolega  kerja dan membuat kolega kerja  kita merasa lebih  di hormati.
Berbicara langsung
Seiring  dengan perkembangan  zaman  yang semakin  canggih, teknologi komunikasi pun semaki  berkembang  saat ini, kita dapat dengan mudah  berkomunikasi  dengan kolega kerja tanpa harus bertemu  bertemu langsunng. Walaupun   cara demikian lbih praktis, komunikasi  secara online dapat membuat  penyampaian  informasi  menjadi sulit di pahami  dan sering  menimbulkan  kesalahpahaman. Berkomunikasi  secara online  membuat kita  sulit menebak eskpresi wajah lawan bicara. Bagaimana pun juga, berkomunikasi secara tatap muka  adalah bentuk komunikasi yang paling efektif.
Jadikan humoris dan menyenangkan
Komunikasi akan terjalin  dengan lebih efektif jika suasana  di sekitarnya  cair dan  menyenangkan. Nah untuk itu  kita bisa mencoba sesekali  menyelipkan  humor saat berbicara dengan kolega kerja  kita. Menjadi humoris  dapat membuat suasana lebih cair, asal  humor yang kita keluerkan  tidak menyinggung orang lain.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menyambut Bulan Suci Ramadhan 2020 di Tengah Situasi Virus Corona

Menangani krisis isu susu dancow mengandung lemak babi