Karakteristik Excellen Communication”
Dalam membangun komunikasi yang baik tentunya pasti kita perlu yang namanya pemahaman tentang karakter komunikan,komunikasi yang baik dan layaknya dapat di pahami dan di mengerti oleh komunikan atau lawan bicara agar komunikasi tersebut berjalan dengan baik dan efektif. Berikut cara- cara berkomikasi dengan baik dan efektif
Berbicara efektif
Berbicara efektif artinya tidak bertele- tele dan tidak berputa- putar untuk menyampaikan suatu poin pembicaraan, cepat, tepat, dan dapat di mengerti oleh komunikan atau lawan bicara. Berbicara efektif membua lawan kita focus pada setiap hal yang kita sampaikan dan dapat mempengaruhi langsung ke dalam pikirannya.
Berbicara penuh motivasi
Komunikasi yang terjalin dan sampai kepada lawan bicara haruslah yang b ersifat mendorong. Hal ini lebih ketika yang berbicara adalah orang yang memiliki jabatan lebih tinggi daripada lawan bicaranya.
Berbicara untuk mendapatkan perhatian
Pembicarann yang membosankan dan bertele- tele akan membuat lawan bicara mengabaikan kata- kata kita.
Membangun komunikasi dan hubungan yang baik dengan rekan kerja/ kolega
Cara berkomunikasi yang baik dapat membangun hubungan yang baik dengan kolega atau rekan kerja. Dan merupakan suatu hal yanng sangat penting. Mengapa ? karena hubungan baik yang dimiliki berpengaruh pada kinierja kita sendiri, karena selama bekerja tentu kita akan selalu bertemu dan berhubungan secara langsung dengan kolega kerja kita. Sayangnya masih banyak karyawan yang menyepelekan hal ini sehingga terjadi salah komunikasi yang pada kahirnya berdampak buruk pada produktivitas kerja.
Memberikan feedback yang baik
Hal penting paling utama dalam kehidupan bekerja adalah mengharagi lawan bicara. Etika yanbg baik saat bicara adalah mendegarkan apa yang di katakana oleh lawan bicara, dan setelah itu , kita juga wajib memberikan respon atau tanggapan kita terhadapa apa yang di sampaikan oleh lawan bicara.
Menerima masukan dengan baik
Dalam sebuah perusahaan, tentu kita akan bertemu denga orang-orang dari berbagai latar belakang yang berbeda. Maka, kita harus memahami karakter orang lain dan juga harus bersifat terbuka terhadap kritik atau masukan yang kita terima dari kolega kerja.
Jujur dan terbuka
Sifat jujur dan terbuka penting untuk kita miliki dalam dunia kerja. Kejujuran dan keterbukaan dapat melancarkan koordinasi dengan kolega kerja dan membuat kolega kerja kita merasa lebih di hormati.
Berbicara langsung
Seiring dengan perkembangan zaman yang semakin canggih, teknologi komunikasi pun semaki berkembang saat ini, kita dapat dengan mudah berkomunikasi dengan kolega kerja tanpa harus bertemu bertemu langsunng. Walaupun cara demikian lbih praktis, komunikasi secara online dapat membuat penyampaian informasi menjadi sulit di pahami dan sering menimbulkan kesalahpahaman. Berkomunikasi secara online membuat kita sulit menebak eskpresi wajah lawan bicara. Bagaimana pun juga, berkomunikasi secara tatap muka adalah bentuk komunikasi yang paling efektif.
Jadikan humoris dan menyenangkan
Komunikasi akan terjalin dengan lebih efektif jika suasana di sekitarnya cair dan menyenangkan. Nah untuk itu kita bisa mencoba sesekali menyelipkan humor saat berbicara dengan kolega kerja kita. Menjadi humoris dapat membuat suasana lebih cair, asal humor yang kita keluerkan tidak menyinggung orang lain.
Dalam membangun komunikasi yang baik tentunya pasti kita perlu yang namanya pemahaman tentang karakter komunikan,komunikasi yang baik dan layaknya dapat di pahami dan di mengerti oleh komunikan atau lawan bicara agar komunikasi tersebut berjalan dengan baik dan efektif. Berikut cara- cara berkomikasi dengan baik dan efektif
Berbicara efektif
Berbicara efektif artinya tidak bertele- tele dan tidak berputa- putar untuk menyampaikan suatu poin pembicaraan, cepat, tepat, dan dapat di mengerti oleh komunikan atau lawan bicara. Berbicara efektif membua lawan kita focus pada setiap hal yang kita sampaikan dan dapat mempengaruhi langsung ke dalam pikirannya.
Berbicara penuh motivasi
Komunikasi yang terjalin dan sampai kepada lawan bicara haruslah yang b ersifat mendorong. Hal ini lebih ketika yang berbicara adalah orang yang memiliki jabatan lebih tinggi daripada lawan bicaranya.
Berbicara untuk mendapatkan perhatian
Pembicarann yang membosankan dan bertele- tele akan membuat lawan bicara mengabaikan kata- kata kita.
Membangun komunikasi dan hubungan yang baik dengan rekan kerja/ kolega
Cara berkomunikasi yang baik dapat membangun hubungan yang baik dengan kolega atau rekan kerja. Dan merupakan suatu hal yanng sangat penting. Mengapa ? karena hubungan baik yang dimiliki berpengaruh pada kinierja kita sendiri, karena selama bekerja tentu kita akan selalu bertemu dan berhubungan secara langsung dengan kolega kerja kita. Sayangnya masih banyak karyawan yang menyepelekan hal ini sehingga terjadi salah komunikasi yang pada kahirnya berdampak buruk pada produktivitas kerja.
Memberikan feedback yang baik
Hal penting paling utama dalam kehidupan bekerja adalah mengharagi lawan bicara. Etika yanbg baik saat bicara adalah mendegarkan apa yang di katakana oleh lawan bicara, dan setelah itu , kita juga wajib memberikan respon atau tanggapan kita terhadapa apa yang di sampaikan oleh lawan bicara.
Menerima masukan dengan baik
Dalam sebuah perusahaan, tentu kita akan bertemu denga orang-orang dari berbagai latar belakang yang berbeda. Maka, kita harus memahami karakter orang lain dan juga harus bersifat terbuka terhadap kritik atau masukan yang kita terima dari kolega kerja.
Jujur dan terbuka
Sifat jujur dan terbuka penting untuk kita miliki dalam dunia kerja. Kejujuran dan keterbukaan dapat melancarkan koordinasi dengan kolega kerja dan membuat kolega kerja kita merasa lebih di hormati.
Berbicara langsung
Seiring dengan perkembangan zaman yang semakin canggih, teknologi komunikasi pun semaki berkembang saat ini, kita dapat dengan mudah berkomunikasi dengan kolega kerja tanpa harus bertemu bertemu langsunng. Walaupun cara demikian lbih praktis, komunikasi secara online dapat membuat penyampaian informasi menjadi sulit di pahami dan sering menimbulkan kesalahpahaman. Berkomunikasi secara online membuat kita sulit menebak eskpresi wajah lawan bicara. Bagaimana pun juga, berkomunikasi secara tatap muka adalah bentuk komunikasi yang paling efektif.
Jadikan humoris dan menyenangkan
Komunikasi akan terjalin dengan lebih efektif jika suasana di sekitarnya cair dan menyenangkan. Nah untuk itu kita bisa mencoba sesekali menyelipkan humor saat berbicara dengan kolega kerja kita. Menjadi humoris dapat membuat suasana lebih cair, asal humor yang kita keluerkan tidak menyinggung orang lain.
Komentar
Posting Komentar