STUDI KASUS MANAJEMEN RISIKO DALAM PERUSAHAAN



  1. MANAJEMEN RISIKO DALAM PERUSAHAAN

     
-  Manajemen resiko adalah yang mengelola Merupakan proses dalam merencanakan, mengatur, mengendalikan, dan memantau  kegiatan perusahaan untuk mengurangi resiko yang dapat berdampak pada kondisi pengelola permodalan dan pendapatan perusahaan    seperti yang teejadi pada perusahaan Elpiji.           
 
- KASUS DARI MANAJEMEN RESIKO ELPIJI 
   peerusahaan elpiji merupakan resiko dari operasional kemelut elpiji yang terjadi saat ini merupakan salah satu dari manajemen resiko oprasional.
 Resiko operasional adalah sebuah resiko yang mempengaruhi semua bisnis, karena resiko operasional tidak dapat di pisahkan oleh dari aktivitas proses nasional                  1. Resiko Operasional                                          resiko operasional adalah resiko kerugian yang di sebabkan                                A.Kegagalan:               
1. Proses internal
2.manusia
3.sistem teknologi informasi
 Sebanyak 70 perusahaan tabung elpiji 3 kg telah menghentikan produksinya sejak awal desember 2009 karena tidak ada kejelasan order pengadaan tabung 2010 oleh PT PERTAMINA.
  Peristiwa-peristiwa yang yerjadi di luar kontrol langsung suatu perusahaan, dalam hal ini pt pertamina misalnya
1. Beredarnya tabung gas elpiji ukuran 3 kg langsung dari produsen tabung masyarakat tanpa izin prtamina.  Tabung yang beredar langsung ke masyarakat itu bisa saja di bawah standar keamanan dan keselamatan pertamina atau berkualitas rendah yang di takutkan membahayakan keselamatan masyarakat. demikian juga peredaran selang, katukdan regulator tabung gas di luar kontrol langsung pertamina
2. Keserakahan penyalur tabung gas demi mendapatkan keuntungan. Penyakur tabung gas menempuh cara-cara bebahaya, yaitu isi tabung gas 3 kg di pindahkan atau di sedot habis ke tabung gas 12 kg yang lebih mahal harga jualnya cara ini di kenal dengan gas suntik atau oplosan yang sangat beresiko menimbulkan kebocoran gas
  Resiko operasional dapat di pisahkan menjadi empat frekuensi yaitu
1. Frekuensi rendah atau dampak rendah
2. Frekuensi rendah  atau dampak tinggi
3. Frekuensi tinggi atau dampak rendah
4. Frekuensi tinggi atau dampak tinggi
  Dalam kasus tersebut maka frekuensi dan dampak dari meledaknya tabung gas elpiji sudah termasuk dalam ketegori tinggi dampak resiko operasional
     PT PERTAMINA sampai dangan saat ini sudah menggeluarkan dana sejumlah rp 3 miliar untuk santunan bagi korban pemakian gas elpiji yang meninggal dunia, biaya pengobatan  di rumah sakit manapun melalui sistem asuransi dan ganti rugi untuk rumah atau tempat dan perangkat yang rusak.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menyambut Bulan Suci Ramadhan 2020 di Tengah Situasi Virus Corona

Menangani krisis isu susu dancow mengandung lemak babi